Android Canggih

Spesifikasi Smartphone Gaming Terbaru Black Shark 2 & Pro

Siap siap Gameeerrr, Smartphone Gaming Terbaru Black Shark 2 sudah bisa Anda gengam untuk bermain game tervaforitmu. Jika pada bulan Agu...

Tips Mudah Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, cara menyambungkan laptop ke tv bisa menggunakan kabel HDMI, kabel VGA, kabel rca atau kabel USB. Setelah tersambung maka Anda bisa menonton Youtube Video di TV yang memiliki layar lebih besar atau juga untuk menonton pertandingan sepak bola.

cara menyambungkan laptop ke tv
cara menyambungkan laptop ke tv
Pada kesempatan kali ini Teknodeals akan mengulas cara menghubungkan laptop ke TV. Cara menyambungkan pun sangat mudah, sebab kita hanya memerlukan kabel yang tepat. Dengan kabel HDMI, VGA serta USB, Anda bisa menyambungkan sendiri tanpa perlu membayar teknisi yang mungkin saja lebih mahal dari harga kabel itu sendiri.

Keuntungan menyambungkan laptop ke TV adalah bisa nonton video streaming, film online dengan layar yang lebih lebar. Jika di perlukan bisa juga ke proyektor, agar lebih mantap! Sebelum mengetahui cara menyambungkan laptop ke TV, sebaiknya Anda mengenali jenis port yang tersedia laptop dan TV yang akan dihubungkan.

Cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi

cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi
cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi
Yups! cara menghubungkan laptop paling mudah adalah dengan menggunakan kabel HDMI, sebab selain port HDMI hampir tersedia di seluruh laptop dan model TV terbaru. Tapi dukungan port HDMI ini mungkin bellum tersedia untuk model laptop lama dan TV yang pengeluaranya sudah lebih dari 4 th /saat ini.

Cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel hdmi Anda hanya perlu mencolokkannya ke laptop dan TV. Selanjutnya pilih saluran HDMI pada TV, karena kalau di laptop umumnya secara otomatis langsung terkonfigurasi dengan baik. Tapi jika harus dikonfigurasi secara manual, cara melakukannya adalah melalui Control Panel, kemudian Display, kemudian Adjust Resolution. Setelah selesai maka akan terlihat menu dropdown, selanjutnya atur resolusi yang benar untuk layar TV.

Kelebihan meyambungkan laptop ke TV dengan HDMI adalah kabel HDMI umunya sudah dibundel gratis dengan televisi. Selain itu suara dan video lebih berkualitas baik.

Cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel vga

Selain menggunakan kabel hdmi, cara menyambungkan laptop ke tv dengan kabel vga juga merupakan rekomendasi paling populer. Tapi untuk cara kedua ini Anda masih harus memerlukan jack audio 3.5mm dengan speaker. Apabila laptop yang ingin Anda hubungkan dengan tv belum tersedia output video, Maka Anda bisa membeli adaptor USB to VGA. Dengan demikian port USB di laptop tersebut akan berubah menjadi port video.

Cara menyambungkan laptop ke tv tanpa hdmi bisa menggunakan kabel VGA. Dan cara ini cocok untuk type TV tabung. Tapi kekurangan cara menghubungkan TV ke laptop melalui VGA, Anda perlu menambah kabel jack 3.5mm untuk menghubungkan speaker TV ke laptop. Karena dengan cara ini hanya video saja yang akan keluar, tanpa audio.

Cara menghubungkan laptop ke tv dengan kabel vga


  • Matikan terlebih dahulu TV dan laptop yang ingin disambungkan
  • Pasang kabel VGA ke TV dan laptop
  • Untuk mengeluarkan suara, pasang juga audio jack 3.5mm untuk di sambungkan ke speaker.
  • Selanjutnya buka Control Panel kemudian Display, Adjust Resolutions, dan Display untuk memilih TV di drop down.


Cara Menghubungkan Laptop ke TV melalui USB

Cara menyambungkan laptop ke tv dengan USB bisa menjadi pilihan jika laptop Anda tidak mendukung port HDMI dan VGA. Sebab di tengah persaingan para vendor yang berlomba untuk menghadirkan laptop paling tipis, mereka mengorbankan beberapa fitur didalamnya, diantaranya adalah port HDMI dan VGA.

Sayangnya kebanyakan Port USB laptop tidak bekerja saat terhubung dengan TV. Anda memerlukan sebuah adapter dan perlu mengubah fungsi USB laptop anda menjadi HDMI dengan cara menginstal driver. Dan jangan lupa untuk memastikan bahwa adapter yang Anda beli kompitabel dengan laptop.Langkah selanjutnya Anda hanya perlu menginstal software adaptor yang anda beli tadi untuk menghubungkan laptop ke TV.

Review cara menyambungkan laptop ke tv

cara menyambungkan laptop ke tv menggunakan kabel hdmi
Tablet: cara menyambungkan laptop ke tv menggunakan kabel hdmi
Dari semua cara menyambungkan laptop ke tv yang bisa dilakukan, pastinya tetap memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dan cara yang paling mudah menghubungkan laptop ke tv adalah menggunakan kabel HDMI. Tapi sayangnya tak semua tv mendukung port HDMI.

Menghubungkan laptop ke tv menggunakan kabel VGA, bukan merupakan cara yang praktis.
Sebab jika menggunakan kabel VGA Anda harus membelinya dan harus manambah kabel jack 3.5mm yang cocok dengan laptop, TV dan speaker. Jadi cara ini cukup memerlukan banyak kabel hanya untuk sekedar menyambungkan laptop ke tv.

Selain harus menginstal driver, cara menghubungkan laptop ke TV dengan USB mengharuskan anda untuk membeli konverter. Sebab jika tidak cara tersebut tidak akan berfungsi. Nah itulah Tips Mudah Cara Menyambungkan Laptop ke TV dari Teknodelas yang bisa praktekkan. Dan semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Mudah Cara Menyambungkan Laptop ke TV